Sunday, August 16, 2009

music and meaningful lyrics.

“Gila, lagu ini gue banget.”
Setiap hari kita mendengarkan lagu, di dalam mobil, di kantor, di rumah, sampai sewaktu di jalan pun kita mendengarkan lagu. Lagu dikatakan sebagai pengiring kehidupan sehari – hari kita. Perkataan seperti diatas tentu menjadi tidak asing di kehidupan kita sehari – hari. Banyak orang merasakan bahwa sebuah suasana dapat didukung oleh lagu – lagu tertentu, bahwa sebuah lagu dapat mempengaruhi perasaan mereka. Perasaan kita ini dipengaruhi oleh 2 elemen penting dalam lagu, yaitu lirik dan irama.

Lirik, perkataan yang tertuang di dalam sebuah lagu
Dalam sebuah artikelnya, Amar Mahmood, seorang penulis beraliran filsafat, mengatakan, “Di dalam lagu terdapat melodi, irama, gelombang frekuansi, vibrasi, getaran, anda boleh panggil apa yang anda suka, tetapi ia adalah satu gelombang frekuensi atau energi yang akan mempengaruhi gelombang otak anda.” Dari sini kita bisa tahu bahwa apa yang kita rasakan saat mendengerkan lagu merupakan hasil kerja otak kita.

Bagi kaum remaja sebagai konsumer utama dari lagu – lagu populer, apa yang mereka dengarkan dapat membantu mereka mengatasi mood mereka saat itu. Saat sedih, mendengarkan lagu – lagu berirama mellow dapat memberi perasaan yang seirama dengan isi hati mereka. Saat marah, irama hard-rock atau heavy-metal menyuarakan isi hati mereka. Hal ini semakin memperkuat peran lagu dalam kehidupan sehari – hari mereka.

Hal yang sama berlaku buat gw. Jelas banget orang bisa tau apa yang lagi gw rasain dengan nebak lagu apa yang lagi gw ulang-ulang terus di list lagu gw di handphone. Ada masanya gw dengerin "Always Be My BaBy" nya DAvid Cook, hhe yaa dengerin aja liriknya kira-kira kenapa tu lagu gw dengerin mulu. Ada juga masa-masa ga berenti dengerin lagu "Goin Where The Wind Blows" Mr Big, waktu gw bener2 lagi happy sama pilihan gw. Yaa banyak yang lainnya laah..

Sekarang gw bilang, gw lagi dengerin lagu-lagu yang dengan sangat absurd gw pilih dari playlist gw, sampe lagu Warkop hasil cekokan si fahcry, jadii bagaimana mood gw saat inii?

Hahahaha. fun thing to write!

0 comments:

Post a Comment